• 28 Januari 2021
  • Gresik

7 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Lho, Yuk Dikonsumsi

Kesehatan – KOLESTEROL tinggi ternyata dialami banyak orang. Kondisi ini pun harus segera ditangani agar tidak menimbulkan penyakit lain. Cara paling umum mengendalikan kolesterol tinggi adalah dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi.

“Untuk memahami bagaimana pola makan dapat memengaruhi kolesterol Anda, pertama-tama kita harus mencatat secara langsung,” kata dr Elroy Vojdani MD, pakar kesehatan di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Kisah yang kami dengar di tahun 1980-an dan 1990-an, kolesterol dalam makanan Anda dapat memengaruhi kolesterol dalam darah, ini adalah salah,” jelasnya.

Dikutip dari WebMD, kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang dibuat di hati dan ditemukan dalam makanan seperti produk susu, telur, serta daging.

Tubuh membutuhkan kolesterol agar berfungsi dengan baik. Namun, terlalu banyak kolesterol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi, seperti dirangkum dari The Healthy.

  1. Buah dan minyak zaitun

Dalam studi tahun 2015, sempel darah dari penderita kolesterol tinggi yang diambil setelah mengonsumsi makanan dengan minyak zaitun menunjukkan berpotensi lebih sedikit terjadi penggumpalan dibandingan dengan orang yang makan makanan yang dimasak dengan minyak jagung.

“Berbagai penelitian telah menunjukkan minyak zaitun atau makanan kaya minyak zaitun menurunkan kadar kolesterol total darah,” kata Amy Riolo, penulis ‘The Mediterranean Diabetes Cookbook’.

  1. Alpukat

Kadar LDL atau jenis kolesterol yang berkontribusi pada penumpukan plak yang menyebabkan penyumbatan arteri hingga menurun. Di saat yang sama, HDL atau kolesterol sehat yang berperan membersihkan kolesterol LDL dari tubuh, meningkat.

“Ketika Anda mengganti lemak jenuh pada produk hewani, seperti daging sapi, bacon, mentega dengan lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda dari sumber nabati seperti alpukat. Akan memberikan dampakn pada kolesterol sangat drastis,” kata dr Vojdani.

  1. Salmon

Ikan dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat memberikan efek menguntungkan pada kolesterol. Salmon adalah salah satu sumber utama lemak sehat dengan omega-3 dan omega-6 yang dapat menurunkan jumlah LDL.

  1. Bawang bombai

Bawang terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL pada tikus karena flavonoid yang dikenal quercetin bertindak sebagai antioksidan yang mencegah kolesterol penyumbat arteri.

Termasuk bawang merah, bawang putih, dan daun bawang, semuanya memiliki efek serupa. “Pengetahuan mediterania penuh dengan cerita tentang daun bawang yang baru-baru ini terbukti benar,” kata dr Riolo.

“Mereka dapat mengurangi kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat,” lanjutnya

  1. Gandum

Gandum dan biji-bijian adalah sumber serat larut yang bagus, nutrisinya dapat mengikat kolesterol makanan dan mencegahnya diserap oleh tubuh. “Bagi banyak orang, ini cukup memberikan hasil yang berarti,” kata dr Vojdani.

  1. Kunyit

Menurut dr Vojdani, kunyit merupakan agen anti-inflamasi yang dapat menurunkan kadar LDL dalam darah kita. Bahkan pada dosis rendah kurkumin dapat menurunkan kolesterol total dan LDL pada orang dengan penyakit koroner.

  1. Kacang polong

Kacang polong, buncis, dan lentil dapat menurunkan kolesterol. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Asosiasi Medis Kanada menemukan hanya mengonsumsi satu porsi sehari selama enam minggu dapat menurunkan kolesterol LDL sebesar 5 persen. Kacang dan polong-polongan lain juga memiliki banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat bagi kolesterol.

Sumber Artikel : Okezone

Facebook Comments

Related Articles