• 30/11/2020
  • Gresik

Kelihatannya sama loh Bendera Indonesia dan Monako , tapi ternyata berbeda

Bendera Indonesia dan Monako , Serupa tapi berbeda

Pengetahuan – Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia sebentar lagi. Banyak bendera merah putih kita temui di berbagai jalan atau sudut-sudut kota mulai awal bulan agustus ini.

Kita tahu bahwa bendera negara Indonesia memiliki warna merah dan putih. Kedua warna tersebut terbagi dua secara horizontal, merah di bagian atas, dan putih di bagian bawah.

Tahu gak kalian ternyata, bendera negara semacam itu bukan hanya dimiliki oleh Indonesia saja loh.

Sebuah negara kecil di Eropa Barat yaitu Monako, juga memiliki bendera yang secara visual terlihat persis dengan Sang Saka Merah Putih.

Seperti halnya tertuang dalam World Atlas, secara fisik, perbedaan yang dapat dilihat dari kedua bendera berwarna merah dan putih itu adalah dari dimensi rasionya.

Bendera Indonesia memiliki perbandingan lebar dan panjang 2:3, sementara Bendera Monako memiliki perbandingan rasio 4:5.

Sehingga jika kita lihat, bendera milik Indonesia akan terlihat lebih panjang dan ramping dibanding dengan bendera Monako yang cenderung lebih melebar mendekati bentuk persegi.

Kabarnya, Monaco pernah menolak mengakui bendera Indonesia karena dirasa menjiplak. Namun hingga kini, baik itu bendera Monaco dan Indonesia sama-sama diakui oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Facebook Comments

Related Articles