• 27/10/2020
  • Gresik

WhatsApp Punya Fitur Baru untuk HP Android

WhatsApp Punya Fitur Baru untuk HP Android

WhatsApp baru saja menggulirkan fitur baru untuk mencari media foto dan video. Hanya saja, ini diperuntukkan bagi pengguna handphone (HP) Android.

Kehadiran fitur anyar tersebut diungkap WhatsApp lewat akun Twitternya. Layanan pesan instan milik Facebook ini menghadirkan kemudahan bagi pengguna di Android untuk mencari media yang tersimpan dalam aplikasi WhatsApp, mulai dari foto, GIF, link, video, dokumen hingga audio

Bahkan pengguna pun bisa mencari file media tersebut secara spesifik dari pengirimnya. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Tekan ikon pencarian di sudut kanan atas
  2. Tekan pilihan media yang ingin dicari
  3. Ketikan nama kontak

Seketika akan tampil file yang dicari. Tapi ada sedikit catatan, file tersebut akan tampil selama belum dihapus permanen dari pengirim.

Untuk pengguna iOS sendiri fitur ini sudah tersedia beberapa bulan lalu. Cara penggunaannya pun sama.

Sebelumnya diberitakan WhatsApp tengah menguji coba fitur baru bernama Expiring Media. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghilangkan foto dan video yang mereka kirimkan secara otomatis.

Situs WABetaInfo yang pertama kali menemukan fitur ini seperti dilansir, Jumat (9/10/2020). Fitur ini merupakan bagian dari update baru yang didaftarkan WhatsApp ke Google Play Beta Program untuk versi 2.20.201.1.

Fitur Expiring Media sepertinya merupakan ekstensi dari fitur Expiring Messages yang saat ini juga masih dalam tahap uji coba. Dengan fitur Expiring Media, ketika pengguna mengirimkan file media (foto, video atau GIF), file tersebut akan menghilang secara otomatis setelah penerima pesan meninggalkan chat.

Pengguna tidak perlu mengatur timer karena foto atau video akan langsung menghilang setelah dilihat oleh penerima pesan. Foto dan video yang menghilang tidak akan diganti dengan pesan seperti ‘Media ini telah kedaluwarsa’, seperti pesan WhatsApp yang dihapus.

Media yang akan menghilang secara otomatis akan ditampilkan dengan ikon timer yang menunjukkan bahwa media tersebut akan menghilang secara otomatis setelah dilihat.

Saat ini, fitur Expiring Media baru tersedia di WhatsApp untuk Android. Tapi fitur ini tentu akan segera menyambangi WhatsApp untuk iOS.

Sumber: Detik.com

Facebook Comments

Related Articles