• 26/11/2020
  • Gresik

WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Hapus Pesan Otomatis

fitur pesan terhapus otomatis

Gresik Techno – Setelah diuji coba, WhatsApp akhirnya merilis fitur Pesan Sementara secara global. Fitur baru ini bikin pesan yang dikirim bisa hilang otomatis.
Memang setiap pesan yang dikirimkan menyimpan kenangan. Tapi tidak semua pesan patut disimpankan?

Selain dapat melapangkan memori ponsel, terkadang bisa melegakan pikiran. Karena tidak perlu was-was kalau ada pesan rahasia takut terbaca oleh seseorang.

Jadi setelah fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke chat tersebut akan hilang setelah tujuh hari, menjadikan percakapan terasa lebih ringan dan privat.

Kenapa tujuh hari? “Kami menilai jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar tidak lupa apa yang sedang dibicarakan,” jawab WhatsApp.

Fitur Pesan Sementara ini dapat digunakan dalam chat individual maupun grup. Pada chat individual, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Sedangkan dalam grup chat, hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama tujuh hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Ketika kamu membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang kamu balas adalah pesan sementara, maka pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

Bila pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan.

Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

WhatApp menganjurkan menggunakan fitur pesan sementara hanya dengan orang-orang yang dipercayai.

“Misalnya seorang yang mungkin akan meneruskan atau mengambil screenshot pesan sementara dan menyimpannya sebelum pesan tersebut hilang. Atau yang menyalin dan menyimpan isi pesan sementara sebelum pesan tersebut hilang. Serta mereka yang mengambil foto pesan sementara dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut hilang,” papar WhatsApp dalam blog resminya, Kamis (5/11/2020).

Untuk pengguna individu, cara menggunakan fitur ini sangat gampang, berikut caranya:

  • Buka chat yang ingin dinyalakan fitur hapus pesan otomatis
  • Lalu tekan profil individu
  • Tekan opsi Disappearing messages atau Pesan Sementara
  • Tekan pilihan On atau Nyala

Dilansir dari: Detik.com

Facebook Comments

Related Articles